Hi, guest ! welcome to o9ut.blogspot.com. | About Us | Contact | Register | Sign In

Sabtu, 10 September 2011

Rain Dituding Jiplak Lagu Musisi Amerika



VIVAnews - Penyanyi sekaligus aktor Korea Selatan, Rain tersandung isu plagiat untuk single terbarunya berjudul 'Busan Woman'. Single yang dirilis pada 16 Agustus 2011 itu dituding menjiplak lagu milik penyanyi Amerika, Raphael Saadiq berjudul 'Detroit Girl' yang sudah terlebih dahulu rilis pada 2004 silam.

Seperti dikutip dari laman Allkpop, perwakilan industri musik Amerika dan penggemar Saadiq mengungkapkan, satu-satunya perbedaan di lagu tersebut hanya nama kota yang tertulis di judul.

"Hanya nama kota yang berbeda. Judul lagu, instrumen, ritme, dan melodi tampaknya telah digunakan kembali," ujar mereka.

Mereka juga menilai, bagian awal dari lagu tersebut terdengar serupa. Para pengguna internet bahkan mencatat bahwa kedua lagu tersebut menggunakan piano elektrik sebagai instrumen utama. Manajemen yang menaungi Rain mengatakan, ini adalah kali pertama mereka mendengar kabar bahwa 'Busan Woman' menjiplak lagu lain.

"Kami akan melakukan inspeksi untuk memeriksa sekali lagi," kata manajemen Rain.

Sementara itu co-writer 'Busan Woman' mengaku kesal dengan tudingan plagiat tersebut. Ia menyatakan, belum pernah mendengar lagu 'Detroit Girl' atau mendengar nama Raphael Saadiq.

"Saya marah karena kami dituding plagiat. Strukturnya mungkin sama, tetapi kalau itu memungkinkan tuduhan plagiat maka semua lagu seharusnya (dituding) menjiplak," ucapnya. (eh)
Share this article now on :